Google

Thursday, September 6, 2007

kejengkelan dalam merakit komputer sendiri

Sistem Integrator Mudah Dirakit dan Berkualitas

MERAKIT sebuah komputer PC sendiri seringkali menjadi sebuah kendala bagi kebanyakan orang. Ada yang tidak mengetahui secara pasti, bagaimana sebenarnya merakit komputer PC sendiri yang bisa diandalkan dan memiliki semua kelengkapan fitur mutakhir. Karena, seringkali merakit komputer sendiri menjadi menjengkelkan, menghadapi berbagai persoalan mulai dari casing sampai pilihan prosesor, atau perangkat multimedia mana yang cocok serta pendingin yang memadai untuk menjalankan komputer PC tersebut.

DALAM waktu dekat ini, Asustek Computer Inc menawarkan sistem yang lebih mudah dan sederhana untuk dirakit. Perangkat ini disebut Terminator System Barebone. Pada dasarnya, pekerjaan merakit komputer PC ini mempermudah siapa saja yang ingin memiliki komputer PC "hasil karyanya sendiri."

Karena sistem Terminator P4 Barebone ini adalah sebuah komputer setengah siap, dan kita tinggal menambah prosesor (Pentium 4 buatan Intel), sebuah harddisk, dan memori RAM (random access memory). Dan seluruh sistem komputer PC buatan Asus dengan rancangan yang kecil dan gagah ini siap untuk digunakan.

Menggunakan form factor TriOptix, sistem Barebone dirancang untuk menghindari terjadi depresiasi berbagai komponen utama (seperti prosesor dan memori) ketika sebuah perangkat komputer PC dikirim ke negara tujuan, serta memberikan kekenyalan para penggunanya untuk melakukan rancangannya sendiri.

Salah satu sistem Barebone buatan Asus yang dicoba Kompas adalah Terminator P4 yang dibangun di atas motherboard P4SC-EA menggunakan chipset SIS 962. Perangkat ini sudah dilengkapi dengan modem 56Kb, video 256-bit SIS 315 Integrated Graphics, saluran jaringan kerja LAN serta sistem audio AC’97.

Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan dua saluran USB (universal serial bus) sebanyak empat buah, masing- masing dua di depan dan dua di belakang, saluran Mic-In dan Headphone, serta sebuah rongga pembaca Compact Flash Card. Terminator P4 Barebone ini adalah sebuah perangkat yang utuh, mudah digunakan, serta memiliki semua kelengkapan digital dan multimedia yang belum tentu dimiliki oleh sistem komputer PC lain.

Teknologi pendingin

Salah satu kecanggihan Terminator P4 buatan Asus adalah penggunaan teknologi pendingin heatsink untuk memastikan prosesor Pentium 4 yang digunakan berada pada temperatur yang tepat agar tidak mengganggu kinerja keseluruhan sistem komputer PC ini. Karena rancangan Terminator P4 yang kecil, para insinyur Asus merancang sebuah sistem heatsink yang berbeda dengan yang ada di pasaran.

Berbentuk seperti seperti huruf L, pendingin prosesor buatan Asus ini menggunakan tiga pipa tembaga yang saling berhubungan, dan dalamnya dialiri air untuk membawa panas yang ditimbulkan prosesor menyebar melalui kisi-kisi yang kemudian tersedot ke luar.

Teknologi heatsink yang dikembangkan Asus ini secara efektif menempatkan beberapa komponen agar tekanan udara akibat panas maupun arah aliran udara panas tidak masuk kembali ke dalam sistem komputer. Dibantu menggunakan simulasi perangkat lunak Flotherm, perangkat heatsink Terminator P4 ini mampu mengurangi panas yang terpusat akibat kinerja prosesor.

Sistem pendingin yang efektif ini mampu menghasilkan stabilitas pada kinerja Terminator P4 secara keseluruhan. Bahkan dalam penggunaan yang dilakukan Kompas, Terminator P4 yang dihidupkan terus-menerus ini tetap berjalan secara stabil tanpa terjadi kegagalan kinerja walaupun perangkat ini terusmenerus menayangkan siaran televisi dan mengalunkan lagu-lagu dari file MP3.

Kekenyalan

Perangkat Terminator P4 ini setidaknya memberikan beberapa keunggulan tersendiri dibandingkan dengan merakit sebuah sistem tersendiri atau membeli sebuah komputer bermerek, di antaranya adalah lebih banyak fitur, mudah dirakit karena merupakan sistem setengah jadi, dimensi yang lebih kecil, menawarkan kekenyalan yang lebih luas, serta kompabilitas yang tidak diragukan.

Artinya, menggunakan sistem Barbone buatan Asus ini, pengguna komputer tidak akan terlalu dipusingkan dengan persoalan keandalan maupun menghadapi persoalan apakah perangkat-perangkat di dalamnya tidak cocok, seperti apakah power supply yang digunakan sesuai dengan motherboard.

Terminator P4 Barebone ini merupakan sebuah sistem komputer yang terintegrasi, memiliki kekenyalan untuk menentukan sendiri kapasitas komputer PC yang akan digunakan, serta memiliki kelengkapan menyeluruh menghadapi kemajuan teknologi digital maupun meluasnya aktivitas multimedia. Perangkat ini menjadi jaminan solusi komputer PC menyeluruh dengan harga yang terjangkau. (rlp)

No comments:

Loading...