Google

Wednesday, September 5, 2007

Mencoba Bisnis Lewat Internet

Mencoba Bisnis Lewat Internet


Assalamu'alaikum wr. wb.

Saya seorang wiraswasta dari Pulau Garam Madura, tepatnya Sumenep. Melalui surat ini saya ingin masukan dari Bapak mengenai cara mencari dan mendapatkan barang-barang bekas hardware komputer dari situs-situs luar negeri. Di situs manakah kita bisa mendapat barang-barang seperti VGA Card bekas, laptop bekas, monitor bekas, dll. Di samping itu saya juga mohon masukan Bapak tentang cara memasarkan barang-barang hasil produksi pulau Madura ke luar negeri. Demikian pertanyaan saya. Atas masukan dan bantuan Bapak saya ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan keikhlasan Bapak mendapat ridha dari Allah SWT.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Nono Iskandar
nono_isk at eramuslim.com
Jawaban

Wa ’alaikum salaam Wr. Wb.

Bung Nono, terus terang saya tidak tahu persis bagaimana cara mencari benda-benda bekas yang anda maksudkan. Tetapi pernah terjadi, barang-barang bekas seperti yang anda inginkan, dahulu pernah dikirim oleh seseorang di Jepang ke Indonesia, sebagai sumbangan ke suatu badan sosial.

Sayangnya, meskipun barang bekas, barang-barang itu tidak bisa lolos daricukai karena harus membayar bea masuk yang nilainya cukup besar. Ada kecurigaan beberapa pihak, bahwa barang-barang yang anda sebutkan tadi adalah limbah di negara asalnya. Dan Indonesia dianggap sebagai tong sampah bagi barang-barang tersebut, sekalipun benda itu masih bisa digunakan di sini.

Bung Nono, setiap produk memiliki karakteristik yang tersendiri, sehingga cara menawarkan dan menjualnya pun berbeda-beda. Pada dasarnya, semua produk bisa dijual di luar negeri. Masalahnya, pasarnya seberapa besar? Seperti kita ketahui bersama, pengiriman produk ke luar negeri membutuhkan biaya besar, sehingga efisiensinya akan tercapai jika dikirim dalam jumlah besar.

Sebagai langkah awal, sebaiknya anda mencari mitra dan berkorespondensi dengan para buyer/pembeli di luar negeri. Tawarkan produk anda kepada mereka. Alamat calon mitra, bisa anda akses di situs www.nafed.go.id milik Badan Pengembangan Ekspor Nasional Departemen Perdagangan ini.

Sekali waktu, beranikan diri anda untuk ikut pameran perdagangan, baik di dalam dan luar negeri. Di Indonesia, ada event tahunan yang diselenggarakan oleh BPEN, yaitu Pameran Produk Ekspor, setiap bulan Oktober di arena Pekan Raya Jakarta. Informasinya bisa anda dapatkan di situs tersebut.

Demikian jawaban yang bisa saya berikan. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Selamat berwirausaha. Semoga Allah mengabulkan keinginan anda.

Wa ’alaikum salaam Wr. Wb.
Zainal Abidin

No comments:

Loading...